Posisi Pasang Bet Pramuka, Berikut Panduan Memakai Atribut Pramuka dengan Benar

Posted on

Posisi Pasang Bet Pramuka – Sobat Tunas, sebagai anggota Pramuka, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Atribut Gerakan Pramuka. Atribut ini merupakan tanda pengenal yang kita kenakan di seragam Pramuka, yang tidak hanya menunjukkan identitas diri kita sebagai Pramuka, tetapi juga memberikan makna tentang satuan, tempat, tugas, jabatan, dan kecakapan kita.

Panduan Cara Memakai Atribut Pramuka Siaga Putra dan Putri

Sebagai Pramuka Siaga, kita harus memahami dengan baik bentuk dan cara memasang atribut pada seragam kita. Berikut adalah panduan cara memakai atribut Pramuka Siaga:

  1. Tanda Tutup Kepala: Pada tanda tutup kepala untuk atribut pramuka siaga berbentuk lingkaran untuk putri dan jajar genjang untuk putra dengan warna dasar hijau. Dipasang di depan topi pramuka.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM): Berwarna dasar ungu, berbentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kanan. Nah sedangkan untuk atribut WOSM putra berbentuk persegi, dipasang di dada sebelah kanan.
  3. Tanda Pelantikan: Berwarna dasar coklat tua, berbentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kiri. Selain itu dalam hal ini untuk tanda pelantikan pada putra, dipasang di dada sebelah kiri dan di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama: Dalam papan nama untuk pramuka siaga, umumnya berwarna dasar coklat muda, dipasang di dada sebelah kanan, di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi: Memuat nama kwartir cabang kabupaten/kota dan dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.
  6. Tanda Gugus Depan: Memuat nomor Gugus Depan dan dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah tanda lokasi Kwarcab.
  7. Lencana atau Badge Daerah: Memuat kwartir daerah dan dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah tanda Gudep.
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga: Berbentuk segitiga terbalik dan dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah lencana.
Artikel Terkait:   Cara Pakai Dasi/Hasduk Pramuka Siaga Putra yang Benar

Penting untuk diingat bahwa maksimal lima TKK dapat dipasang di lengan baju, dan jika ada lebih dari lima, sisanya dapat ditempatkan di tetampan atau selendang TKK.

Panduan Pemasangan Atribut Anggota Pramuka Penggalang Putra dan Putri

Berikut adalah daftar atribut yang digunakan oleh anggota Pramuka Penggalang putra dan putri:

  1. Tanda Tutup Kepala: Bergambar tunas kelapa, berbentuk segi empat merah untuk putra dan lingkaran merah untuk putri.
  2. Lambang Pandu Dunia: Berwarna ungu, berbentuk persegi untuk putra dan lingkaran untuk putri.
  3. Setangan Leher: Berbentuk segitiga putih dengan lis merah selebar 5 cm, digunakan baik untuk putra maupun putri.
  4. Tanda Daerah: Memuat lambang daerah, tanda lokasi kwarcab, dan tanda gugus depan.
  5. Tanda Kecakapan Khusus (TTK): Diferensiasi berdasarkan warna untuk berbagai kecakapan.
  6. Tanda Kecakapan Umum (TKU): Berbentuk trapesium dengan gambar tunas kelapa dan tulisan BANTARA, LAKSANA, atau PANDEGA.
  7. Tanda Pelantikan: Berwarna coklat tua, berbentuk lingkaran untuk putri dan dada kiri untuk putra.
  8. Papan Nama: Berwarna coklat muda dan dipasang di dada sebelah kanan.
  9. Tanda Lokasi Kwarcab: Memuat nama kwartir cabang dan dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.
  10. Tanda Gugus Depan: Memuat nomor Gugus Depan dan dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab.
  11. Lencana Wilayah / Badge Daerah: Memuat lambang kwartir daerah dan dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.
  12. Tanda Kecakapan Khusus (TKK): Terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatan TKK dan dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana Daerah.
  13. Tanda Jabatan: Terdiri atas tanda Pradana, Pemimpin Sangga, dan Wakil Pemimpin Sangga, dipasang di dada sebelah kanan.
  14. Tanda Sangga: Berbentuk persegi dan dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas (di atas tanda ambalan).
  15. Tanda Ambalan: Bentuk dan warna sesuai ketentuan ambalan masing-masing dan dipasang di lengan baju sebelah kiri tepat di bawah tanda sangga.
Artikel Terkait:   Susunan Laporan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Beserta Contoh Dokumennya

Selain atribut di atas, seorang Pramuka Penegak dan Pandega juga dapat memakai tiska, lencana dan tanda Pramuka Garuda, serta tanda penghargaan lainnya pada seragam Pramuka. Pemasangan tanda Pramuka Garuda dan tanda penghargaan dilakukan di dada sebelah kiri, dan lencana Pramuka Garuda dikalungkan di leher bersama dengan setangan leher Pramuka.

Demikianlah panduan lengkap mengenai Atribut Gerakan Pramuka. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat Tunas dalam memahami cara memakai atribut Pramuka dengan benar. Ingatlah, Atribut Pramuka bukan hanya sekadar tanda pengenal, tetapi juga simbol dari semangat dan dedikasi kita sebagai Pramuka. Selamat berkarya, sahabat Pramuka!

Kesimpulan

Dengan memahami betul cara memakai atribut Pramuka, kita dapat menunjukkan identitas dan dedikasi kita sebagai anggota Gerakan Pramuka. Atribut bukan hanya sekadar aksesoris seragam, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai kepramukaan yang kita anut. Oleh karena itu, penting bagi setiap Pramuka untuk memahami dan menghargai arti dari setiap atribut yang kita kenakan.