Cara Pemasangan Tiska di Baju Pramuka yang Benar

Posted on

Pemasangan Tiska di Baju Pramuka – Tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dan Tigor (Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong) merupakan jenis dari Tanda Penghargaan Kegiatan Kepramukaan, yakni tanda yang memang dikhususkan untuk diberikan kepada anggota Gerakan Pramuka yang telah memperlihatkan keaktifan dan prestasi dalam kegiatan kepramukaan. Adapun contoh kegiatan tersebut seperti misal Pesta Siaga, Jambore, Perkemahan Wirakarya dan kegiatan lomba Pramuka atau lainnya.

Selain itu untuk Tanda Penghargaan Kegiatan, baik Tiska atupun Tigor termasuk salah satu macam dari Tanda Pengenal dalam Gerakan Pramuka yang tergolong dalam atribut seragam Pramuka dengan jenis Tanda Penghargaan. Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan Tiska atau Tigor? dan Bagaimana cara memasangnya? Berikut PrajaMuda telah meringkas syarat untuk menerima tanda penghargaan kegiatan Pramuka beserta cara pemasangannya.

Syarat Penerima Tanda Penghargaan Kegiatan

Sebelum seseorang Pramuka menerima tanda penghargaan kegiatan, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  • Untuk mendapatkan Tanda Penghargaan ini, seorang anggota harus memenuhi sarat-syarat yang ditentukan Panitia Penyelenggara kegiatan, untuk mengikuti acara kegiatan kepramukaan yang diselenggarakan oleh Panitia penyelenggara.
  • Selain mematuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Panitia Penyelenggara kegiatan, anggota Pramuka juga harus menunaikan tugas kewajibannya, melakukan kegiatan kepramukaan yang diikutinya, dengan penuh rasa tanggungjawab, kesungguhan, keuletan, ketekunan dan ketelitian, sehingga mencapai prestasi yang baik, sesuai dengan ketentuan penyelenggara kegiatan tersebut.
  • Adapun untuk salah satu Tanda Penghargaan Kegiatan yang berbentuk Tanda Ikut Serta Bakti Gotong Royong (Tigor) diberikan setelah anggota yang bersangkutan aktif melakukan kegiatan dalam Perkemahan seperti misal kegiatan Wirakarya, atau kegiatan bakti masyarakat secara gotong royong yang diikutinya, dengan penuh rasa tanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penyelenggara kegiatan tersebut.
Artikel Terkait:   Daftar Harga Perlengkapan Pramuka Umum Terlengkap, Simak Ulasannya Disini

Untuk tata cara pengusulan agar anggota Pramuka bisa mendapat Tanda Penghargaan Kegiatan, biasanya pengusulan dilakukan oleh Pembina Pramuka yang bersangkutan melalui Panitia Penyelenggara Kegiatan. Agar mempermudah proses pengusulan tanda penghargaan, Panitia Penyelenggara telah mengemas pemberian tanda penghargaan tersebut sekaligus ke dalam satu kegiatan.

Jadi pada intinya untuk penyerahan Tanda Penghargaan Kegiatan, ditentukan oleh kwartir penyelenggara kegiatan. Setelah kegiatan selesai, selain diberikan berupa Tanda Penghargaan, juga diserahkan surat keterangan (berbentuk piagam) bagi penerima/pemegang yang berhak.

Bentuk dan Ukuran Tanda Penghargaan Kegiatan

Tanda penghargaan kegiatan memiliki berbagai bentuk dan ukuran, di antaranya:

  • Umumnya tanda penghargaan kegiatan dibuat secara variatif dan biasanya dibuat dari logam dengan gambar timbul (relief) logo kegiatan dan digantungkan pada pita kain berukuran 3 cm x 2,5 cm, biasanya untuk ukuran pita kain tersebut sesuai dengan ukuran tanda penghargaan itu.
  • Karena bervariasi, biasanya tanda penghargaan kegiatan juga dapat dibuat dari kain atau bahan lainnya jadi berupa badge yang dijahit di seragam Pramuka.
  • Selain itu tanda penghargaan juga umumnya dibuat dari kain berbentuk segi empat berukuran 3,5 cm x 1 cm, dengan warna dasar sesuai golongannya dan dilengkapi dengan tulisan kegiatan berwarna perak.

Perlu kamu ketahui, bahwa untuk bentuk, bahan, ukuran, gambar, dan warna tanda penghargaan kegiatan ditentukan dan diputuskan oleh kwartir penyelenggara kegiatan oleh karena itu bentuk tanda penghargaan bersifat variatif.

Cara Pemasangan Tiska di Baju Pramuka

Jika kamu sudah memiliki tanda penghargaan dan bingung memasangnya di seragam Pramuka, untuk pemasangan dan penempatan Tiska atau Tigor pada pakaian seragam pramuka bisa dikenakan dengan posisi di atas saku kanan baju seragam putra di atas tanda WOSM dan untuk seragam putri biasanya menyesuaikan. Namun dalam hal ini apabila yang bersangkutan mengenakan bintang tahunan maka tanda penghargaan kegiatan dipakai di atas bintang tahunan di seragam pramuka.

Artikel Terkait:   30 Soal Kuis Interaktif Materi Pramuka Penggalang Ramu

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai Tanda Penghargaan Kegiatan dalam Gerakan Pramuka, semoga informasi ini dapat menambah pemahaman tentang pentingnya penghargaan dalam mengapresiasi prestasi dan keaktifan anggota Pramuka dalam kegiatan kepramukaan. Teruslah berprestasi dan berkarya dalam bingkai Gerakan Pramuka, Salam Pramuka!