Materi Menaksir Pramuka Pdf Lengkap Beserta Rumus Hitungannya

Posted on

Materi Menaksir Pramuka Pdf – Sobat Tunas, kepramukaan tidak hanya mengajarkan keterampilan dasar seperti membuat tenda atau berkemah, namun juga melibatkan kemampuan menaksir yang seringkali menjadi ketrampilan penting di alam terbuka. Menaksir adalah seni mengira-ngira, dan dalam tulisan ini, kita akan membahas teknik menaksir lebar sungai dan tinggi pohon dengan metode perbandingan segitiga. Metode ini tidak hanya sistematis tetapi juga memberikan hasil yang akurat.

Melangkah Menaksir Lebar Sungai

Sobat Tunas, menaksir lebar sungai bisa menjadi keahlian yang berguna di kehidupan sehari-hari, terutama saat berada di alam terbuka. Metode perbandingan segitiga adalah salah satu cara yang dapat kalian gunakan untuk menaksir lebar sungai. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tetapkan titik A di seberang sungai, bisa berupa pohon atau batu yang mudah diingat.
  2. Tentukan titik B yang sejajar dengan titik A, tandai titik B dengan cara memiliki teman berdiri di atasnya atau menggunakan objek lain seperti tongkat yang ditancapkan.
  3. Pilih titik C dengan mengukur jaraknya, bisa dengan langkah atau menggunakan tongkat, menyusuri tepi sungai. Jarak antara titik B dan C dapat disesuaikan.
  4. Tandai titik C seperti cara menandai titik B.
  5. Tentukan titik D dengan berjalan kembali sejauh setengah dari jarak BC, sehingga “CD = 1/2 BC”.
  6. Tentukan titik E dengan berjalan ke arah kiri sehingga antara titik C, D, dan E terbentuk segitiga siku-siku dengan sudut siku-siku di titik D.
  7. Selanjutnya intai atau bidik titik A melewati titik C sehingga antara titik E, C, dan A terbentuk garis lurus, lalu titik E jadikan penanda.
  8. Ukur jarak antara titik D dan E.
  9. Untuk menghitung taksiran lebar sungai, cukup kalikan dua jarak DE.

Dengan langkah-langkah tersebut, sobat Tunas bisa menaksir lebar sungai secara sistematis. Pastikan untuk membuat laporan penaksiran yang jelas dan akurat, karena ini akan berguna dalam penilaian dan verifikasi ulang.

Artikel Terkait:   Pertanyaan Untuk Calon Pradana Pramuka

Perbandingan Fleksibel dalam Menaksir Lebar

Metode perbandingan segitiga memberikan fleksibilitas dalam menaksir lebar sungai. Rumus yang dapat disesuaikan dengan kondisi atau luas medan membuat metode ini dapat diaplikasikan di berbagai situasi. Beberapa rumus yang bisa sobat Tunas pertimbangkan:

  • “AB = DE”, di mana jarak CD tidak setengah BC, melainkan sama dengan CD.
  • “AB = 4 x DE”, di mana jarak CD bukan setengah BC, melainkan seperempat dari CD.
  • “AB = 6 x DE”, “AB = 8 x DE”, atau “AB = 10 x DE” jika sungai yang hendak diukur lebih lebar.

Perhatikan kondisi medan sekitar, karena metode ini lebih cocok untuk medan yang mendatar dan bukan perbukitan yang naik turun. Jika medannya perbukitan, lebih baik menggunakan metode menaksir lebar yang lain.

Menaksir Tinggi Pohon dengan Presisi

Selain menaksir lebar sungai, sobat Tunas juga dapat mengasah kemampuan menaksir tinggi pohon. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Berjalanlah dari pohon sejauh 11m, tandai titik ini sebagai B.
  2. Di titik B, berdirilah seorang teman dengan sebatang tongkat. Kemudian majulah 1m ke titik C.
  3. Di titik C, bertiaraplah dan intai ujung atas pohon melalui sisi tongkat. Perhatikan tinggi pohon terletak di mana pada tongkat. Sebut itu titik D.
  4. Maka tinggi pohon (AE) adalah 12 x BD.

Langkah-langkah ini memungkinkan sobat Tunas untuk menaksir tinggi pohon dengan menggunakan metode yang sederhana dan efektif. Pastikan teman yang berdiri di titik B diam agar hasilnya lebih akurat.

Menaksir Tinggi Tiang Listrik atau Bendera

Sobat Tunas, ketrampilan menaksir juga dapat diterapkan dalam menentukan tinggi tiang listrik atau bendera. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tinggi tongkat (AB) diasumsikan 160cm.
  2. Tinggi tiang listrik (CD) diasumsikan.
  3. Bayangan tongkat diasumsikan 20cm. Perbandingan 20:160 = 1:8.
  4. Jika panjang bayangan tiang listrik di tanah 80cm, taksir tinggi tiang dengan cara mengalikannya dengan skala perbandingan tongkat.
  5. Tinggi tiang = 80cm x 8 = 640cm atau 6,4m.
Artikel Terkait:   100 Contoh Kata-Kata Motivasi Pramuka yang Penuh Semangat dan Memotivasi

Dengan metode ini, sobat Tunas bisa menaksir tinggi tiang listrik atau bendera dengan menggunakan skala perbandingan yang mudah diaplikasikan di berbagai situasi.

Menaksir Kecepatan Arus Sungai

Menaksir kecepatan arus sungai juga bisa menjadi ketrampilan yang berguna. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tentukan dua titik di tepi sungai atau selokan, sebut saja titik A dan B.
  2. Jarak antara titik A dan B sekitar 10m.
  3. Hanyutkan benda ringan dan mengapung di titik A, hitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik B.
  4. Rumus kecepatan arus: V = Jarak / Waktu.
  5. Jika jarak 10m dan waktu tempuh 4,5 detik, maka kecepatan arus adalah 10m / 4,5 detik = 2,2 m/dtk.

Dengan menaksir kecepatan arus sungai, sobat Tunas dapat memiliki perkiraan yang baik untuk menghadapi berbagai situasi di alam terbuka.

Penutup

Sobat Tunas, menaksir bukan hanya sekadar mengira-ngira, tetapi melibatkan ketrampilan yang dapat sangat berguna di alam terbuka. Melalui metode perbandingan segitiga dan ketrampilan menaksir lainnya, kalian dapat menjadi pramuka yang terampil dan siap menghadapi berbagai tantangan. Semoga ulasan ini membantu kalian memahami dan mengasah ketrampilan menaksir dengan lebih baik!