Contoh Cara Pasang Atribut Pramuka dari Mulai Siaga, Penggalang, Hingga Penegak dan Pandega

Posted on

Contoh Pasang Atribut Pramuka – Halo Sobat Tunas! Atribut Gerakan Pramuka bukan hanya sekadar tanda pengenal, mereka mencerminkan identitas anggota pramuka serta menunjukkan satuan, tempat, wilayah, tugas, jabatan, dan kecakapan masing-masing. Bagaimana sebaiknya kita memasang atribut Pramuka dengan tepat? Mari kita simak panduan langkah demi langkah berikut agar tampilan seragam Pramuka lebih rapi dan bermakna.

Cara Pasang Atribut Pramuka untuk Tingkat Siaga, Penggalang, dan Penegak

Cara Memasang Atribut Pramuka Tingkat Siaga

1. Tanda Tutup Kepala

Untuk putri, tanda tutup kepala berbentuk lingkaran, sedangkan untuk putra, berbentuk jajar genjang, keduanya dengan warna dasar hijau. Pasang di bagian depan topi pramuka.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Warna dasar ungu, bentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kanan. Untuk putra, bentuk persegi dan ditempatkan di dada sebelah kanan.

3. Tanda Pelantikan

Berwarna coklat tua, berbentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra, tanda pelantikan pramuka bisa dipasang di dada sebelah kiri dan di bawah lipatan baju.

4. Papan Nama

Untuk papan nama yang digunakan oleh anggota Pramuka tingkat siaga umumnya berwarna dasar coklat muda, dan untuk putra dan putri dipasang bebas di dada sebelah kanan, di atas lipatan baju, dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

5. Tanda Lokasi

Tanda lokasi Pramuka merupakan badge yang memuat nama kwartir cabang kabupaten/kota anggota pramuka tinggal. Wajibnya untuk pemasangan badge tanda lokasi dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas pada seragam pramuka untuk putra maupun putri.

6. Tanda Gugus Depan

Tanda gugus depan adalah badge yang terdapat nomor Gugus Depan di dalamnya. Badge tanda gugus depan ini untuk putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah tanda lokasi Kwarcab.

7. Lencana atau Badge Daerah

Memuat lambang kwartir daerah. Untuk pemasangan lencana atau badge daerah wajibnya dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepatnya di bawah tanda Gudep.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga

Berbentuk segitiga terbalik. Pemasangan TKK atau Tanda Kecakapan Khusus untuk pramuka tingkat siaga biasanya dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah lencana.

9. Tanda Jabatan

Tanda jabatan anggota pramuka tingkat siaga biasanya berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Selain itu untuk pemasangan tanda jabatan anggota pramuka tingkat siaga sendiri, putra dan putri dipasang di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

10. Tanda Barung

Tanda barung pada anggota Pramuka tinggat siaga umumnya berbentuk segitiga, selain itu tanda barung ini bisa dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga

Tanda Kecakapan Umum atau TKU tingkat siaga terdiri atas tiga tingkatan, yakni Mula, Bantu, dan Tata. Untuk pemasangan Tanda Kecakapan Umum tingkat siaga ini wajib dipasang di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung.

Sobat Tunas, itulah cara memasang atribut Pramuka untuk tingkat Siaga. Selanjutnya, mari kita bahas atribut Pramuka Penggalang dengan penuh semangat!

Cara Memasang Atribut Pramuka Penggalang

1. Tanda Tutup Kepala

Tanda tutup kepala yang digunakan oleh anggota Pramuka tingkat penggalang berbentuk lingkaran untuk putri dan segi delapan untuk putra, dengan warna dasar merah. Pasang di topi pramuka bagian depan untuk putri dan di samping kiri kabaret pramuka untuk putra.

Artikel Terkait:   Contoh Pidato Pramuka Pendek yang Singkat tapi Bermakna Dalam

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Warna dasar ungu, bentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kanan. Untuk putra, bentuk persegi dan dipasang di dada sebelah kanan.

3. Tanda Pelantikan

Berwarna coklat tua, berbentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk putra, tanda pelantikan tingkat penggalang bisa dipasang di dada sebelah kiri dan di bawah lipatan baju.

4. Papan Nama

Atribut yang selanjutnya adalah papan nama, tentu setiap seragam pramuka memiliki papan nama dan papan nama anggota Pramuka tingkat penggalang memiliki warna dasar coklat muda, dan dipasang di dada sebelah kanan, tepatnya di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

5. Tanda Lokasi

Untuk tanda lokasi atau badge kwarcab anggota Pramuka tingkat penggalang, memuat nama kwartir cabang kabupaten/kota anggota pramuka tinggal. Selain itu untuk pemasangannya sendiri, badge tanda lokasi wajib dipasang di lengan baju sebelah kanan pada seragam pramuka, tepatnya paling atas.

6. Tanda Gugus Depan

Terdapat nomor Gugus Depan di dalamnya. Untuk pemasangan tanda gugus depan anggota Pramuka tingkat penggalang bisa dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah tanda lokasi Kwarcab.

7. Lencana atau Badge Daerah

Memuat lambang kwartir daerah. Badge daerah Pramuka tingkat penggalang umumnya dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepatnya di bawah tanda Gudep.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang

Tanda Kecakapan Khusus pada anggota Pramuka tingkat penggalang, terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatannya, yakni lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Nah, untuk pemasangannya pun sama, yakni TKK Pramuka penggalang bisa dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah lencana.

9. Tanda Jabatan

Berupa tanda Pratama, Pemimpin Regu, atau Wakil Pemimpin Regu. Untuk tanda jabatan Pramuka tingkat penggalang, kamu bisa memasangnya di bagian dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.

10. Tanda Regu

Berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama regu. Tanda regu Pramuka penggalang bisa juga dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang

Dalam hal ini pada TKU Pramuka tingkat penggalang, terdiri atas tiga tingkatan, yakni Ramu, Rakit, dan Terap. Ketiga tingkatan TKU tersebut bisa kamu pasang di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda regu.

Teruslah bersemangat, Sobat Tunas! Simaklah panduan berikutnya untuk memasang atribut Pramuka tingkat Penegak dan Pandega dengan benar.

Cara Memasang Atribut Pramuka Penegak dan Pandega

1. Tanda Tutup Kepala

Berbentuk lingkaran untuk putri dan segi delapan untuk putra, dengan warna dasar kuning. Pasang di topi pramuka bagian depan untuk putri dan di samping kiri kabaret pramuka untuk putra.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Warna dasar ungu, bentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kanan. Untuk putra, bentuk persegi dan dipasang di dada tepat di atas papan nama.

3. Tanda Pelantikan

Berwarna coklat tua, berbentuk lingkaran untuk putri, dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk tanda pelantikan tingkat penegak yang dipakai oleh putra, dipasang di dada sebelah kiri dan di bawah lipatan saku baju.

Artikel Terkait:   Cara Pasang Atribut Pramuka SMP Penggalang, Jangan Sampai Salah Pasang

4. Papan Nama

Warna dasar coklat muda. Dalam hal ini papan nama yang dipasang di baju Pramuka baik putra ataupun putri, papan nama ini bisadipasang di dada sebelah kanan seragam Pramuka tingkat penegak. Namun sedikit berbeda untuk anggota Pramuka penegak putra bisa memasang papan nama tepat di antara saku baju dan tanda pandu dunia (WOSM).

5. Tanda Lokasi

Tanda lokasi merupakan badge yang digunakan anggota Pramuka, termasuk tingkatan penegak yang memuat nama kwartir cabang kabupaten/kota anggota pramuka tinggal. Untuk pemasangan tanda lokasi pada anggota pramuka tingkat penegak putra maupun putri bisa dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.

6. Tanda Gugus Depan

Terdapat nomor Gugus Depan di dalamnya. Pemasangan tanda gugus depan untuk tingkat penegak bisa dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah tanda lokasi Kwarcab. Nomor gudep untuk anggota putri genap dan untuk putra ganjil.

7. Lencana atau Badge Daerah

Memuat lambang kwartir daerah. Badge daerah yang digunakan di seraham pramuka tingkat penegak bisa dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepatnya di bawah tanda Gudep.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Tingkat Penegak dan Pandega

Untuk TKK atau Tanda Kecakapan Khusus yang dimiliki oleh anggota Pramuka tingkat penegak ataupun pandega terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatannya, yakni lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Masing-masing TKU penegak ataupun pandega tersebut bisa dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah lencana.

9. Tanda Jabatan

Terdiri atas tanda Pradan, Pemimpin Sangga, atau Wakil Pemimpin Sangga, juga lencana Dewan Kerja. Pemasangan tanda jabatan Pramuka untuk tingkat penegak atau pandega bisa dipasang di dada sebelah kanan, sedangkan untuk putra tepat di lipatan pada saku baju.

10. Tanda Ambalan

Tanda ambalan merupakan badge yang tidak ada di Pramuka tingkat siaga meupun penggalang, badge ini berbentuk dan warna sesuai dengan ketentuan ambalan masing-masing. Selain itu baik penegak putra dan putri, tanda ambalan ini umumnya dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas (di atas tanda ambalan).

11. Tanda Sangga

Berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama sangganya. Untuk pemasangan badge sangga tingkat penegak ini bisa dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas tepatnya yaitu (di atas tanda ambalan).

12. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak dan Pandega

Untuk Tanda Kecakapan Umum yang dimiliki oleh anggota Pramuka tingkat Penegak ini biasa berbentuk trapesium dengan gambar sepasang tunas kelapa dan bertuliskan BANTARA, LAKSANA, dan PANDEGA. Selain itu untuk pemasangannya sendiri TKU tingkat Penegak dan Pandega bisa dipasang di pundak dengan dilekatkan pada lidah baju kanan dan kiri, baik itu untuk anggota pramuka penegak putra dan putri.

Kesimpulan

Memasang atribut Pramuka bukan hanya tugas rutin, tetapi juga cara untuk menghormati Gerakan Pramuka. Dengan menjalankan panduan ini, kita dapat menjaga kekompakan, kedisiplinan, dan semangat gotong royong di antara sesama Pramuka. Mari lestarikan dan perkuat Gerakan Pramuka demi kemajuan bangsa dan negara!