Cara Pasang Atribut Pramuka SMP Penggalang, Jangan Sampai Salah Pasang

Posted on

Pasang Atribut Pramuka SMP – Sobat Tunas, selamat datang kembali dalam pembahasan mengenai Pramuka, khususnya mengenai tata cara pasang atribut Pramuka SMP. Atribut Pramuka bukan hanya sekadar simbol, tetapi juga identitas dan semangat untuk berkarya. Mari kita jelajahi dengan lebih mendalam mengenai jenis, daftar, dan cara pemasangan atribut ini.

Jenis dan Tata Cara Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang

Sebelum kita membahas lebih lanjut, yuk kenali jenis-jenis atribut Pramuka penggalang terlebih dahulu:

  1. Tanda Pandu Dunia (WOSM): Untuk bet WOSM tentunya pada putri berbentuk lingkaran, dalam pemasangannya sendiri dipasang dikerah baju sebelah kanan. Sementara untuk putra berbentuk persegi, dipasang di dada sebelah kanan. Biasanya berwarna ungu.
  2. Tanda Tutup Kepala: Untuk putri, berbentuk lingkaran dipasang di topi pramuka bagian depan. Sedangkan untuk putra, berbentuk segi delapan dengan warna dasar merah dan dipasang di samping kiri kabaret pramuka.
  3. Tanda Pelantikan: Pada tanda pelatikan pemasangan atribut pramuka SMP, berwarna dasar coklat tua, untuk putri berbentuk lingkaran dan dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk pemasangan tanda pelantikan untuk putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama: Pada papan nama untuk seragap pramuka SMP berwarna dasar coklat muda, untuk pemasangannya dipasang di dada sebelah kanan, di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi Kwarcab: Dipasang di lengan baju sebelah kanan paling atas, berisi nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tinggal.

Sobat Tunas, setiap atribut memiliki peran dan letaknya yang spesifik. Pemasangan yang tepat akan menciptakan tampilan seragam Pramuka yang rapi dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Atribut Pramuka Penggalang Putri dan Putra: Perbedaan dan Persamaan

Sobat Tunas, perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara atribut Pramuka penggalang putri dan putra. Meskipun ada beberapa kesamaan, namun bentuk dan letaknya bisa berbeda. Mari kita simak beberapa perbedaan tersebut:

  1. Tanda Tutup Kepala: Untuk putri, tanda tutup kepala berbentuk lingkaran dan dipasang di topi pramuka bagian depan. Sedangkan untuk putra, berbentuk segi delapan dan dipasang di samping kiri kabaret pramuka.
  2. Tanda Lokasi Kwarcab: Untuk putra maupun putri, tanda dipasang di lengan baju sebelah kanan paling atas, namun letaknya bisa sedikit berbeda.
  3. Tanda Gugusdepan: Untuk putri, nomor gugus depannya genap, sedangkan putra nomornya ganjil.
  4. Tanda Regu: Untuk tanda regu pada seragam pramuka SMP atau penggalang berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama regunya. Tanda ini akan dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
Artikel Terkait:   Teka Teki Silang Pramuka Siaga Lengkap Beserta Jawabannya

Dengan memahami perbedaan ini, kita dapat lebih cermat dalam memasang atribut Pramuka sesuai dengan jenis kelamin dan aturan yang berlaku.

Atribut Pramuka Penggalang Putri Berjilbab, Apakah Ada Perbedaan?

Sobat Tunas, ada pertanyaan yang sering muncul mengenai atribut Pramuka penggalang putri yang mengenakan jilbab. Apakah ada perbedaan atau aturan khusus?

Secara singkat, jawabannya adalah tidak. Atribut bagi Pramuka penggalang putri yang mengenakan jilbab tetap sama dengan yang tidak. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemakaian topi pramuka yang tetap lengkap dengan tanda tutup kepalanya.

Sedikit yang berbeda adalah cara mengenakan kacu leher atau setangan leher Pramuka. Pramuka putri yang mengenakan jilbab dapat memilih antara memasangkannya di kerah baju atau di luar jilbabnya.

Kesimpulan

Dengan mengetahui jenis, daftar, dan cara pemasangan atribut Pramuka SMP, sobat Tunas dapat tampil dengan seragam Pramuka yang rapi dan sesuai aturan. Penting untuk memahami perbedaan antara atribut Pramuka penggalang putri dan putra, serta mengetahui bahwa bagi yang mengenakan jilbab, aturan tetap berlaku tanpa perbedaan yang signifikan.

Mari kita terus jaga semangat Pramuka, sebagai wadah pembentukan karakter dan semangat berkarya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi sobat Tunas dalam menjalani perjalanan kepramukaan. Terima kasih atas perhatiannya!