Cara Memasang Bet Pramuka SMP Tingkat Penggalang dengan Benar

Posted on

Cara Memasang Bet Pramuka SMP – Sobat Tunas, dalam kegiatan Pramuka, atribut merupakan tanda pengenal yang memberikan identitas dan menunjukkan kecakapan anggota Pramuka. Dengan memahami cara memakai atribut, setiap Pramuka dapat menunjukkan jati dirinya dalam seragam. Mari kita bahas secara rinci mengenai tata cara pemasangan atribut Pramuka Penggalang.

Tanda Pengenal Pramuka Penggalang

Tanda pengenal Gerakan Pramuka terbagi dalam lima kelompok, meliputi tanda umum, tanda satuan, tanda jabatan, tanda kecakapan, dan tanda penghargaan. Penggunaan atribut Pramuka bukan hanya sebagai identitas personal, tetapi juga sebagai simbol kecakapan dan pengalaman anggota Pramuka.

Cara Memakai Atribut Pramuka Penggalang

Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Putra

Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Putri

Sebagai Pramuka Penggalang, berikut adalah bentuk dan cara pemasangan atribut yang perlu diketahui:

  1. Tanda Tutup Kepala: Nah pada bagian tanda tutup kepala yang berbentuk lingkaran untuk putri dan segi delapan untuk putra dengan warna dasar merah, kamu jangan sampai salah dalam memasangnya. Putri memasangnya di topi Pramuka bagian depan, sementara putra di samping kiri kabaret Pramuka.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM): Berwarna dasar ungu, putri memasangnya di kerah baju sebelah kanan dalam bentuk lingkaran. Putra memasangnya di dada sebelah kanan dalam bentuk persegi di atas papan nama.
  3. Tanda Pelantikan: Berwarna dasar coklat tua. Putri memasangnya di kerah baju sebelah kiri dalam bentuk lingkaran, sedangkan untuk putra memasangnya di dada sebelah kiri dan di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama: Berwarna dasar coklat muda, dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda Pandu Dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi: Dalam hal ini tanda lokasi memuat nama kwartir cabang kabupaten/kota anggota Pramuka tinggal, dan untuk pemasangannya di lengan baju sebelah kanan, paling atas sama saja putra dan putri.
  6. Tanda Gugus Depan: Pada bet tanda gugus depa, menyertakan nomor Gugus Depan di mana anggota Pramuka tersebut bergabung. Untuk pemasangan tanda gugus depan sendiri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah tanda Lokasi Kwarcab.
  7. Lencana atau Badge Daerah: Memuat lambang kwartir daerah tempat tinggal anggota Pramuka, dan untuk pemasangannya yaitu di lengan baju sebelah kanan, di bawah tanda Gugus Depan.
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang: Terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatan, dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah lencana atau badge Daerah.
  9. Tanda Jabatan: Pada tanda jabatan umumnya berupa tanda Pratama, Pemimpin Regu, atau Wakil Pemimpin Regu dengan bentuk balok yang memiliki warna merah. Untuk pemasangan tanda jabatan sendiri dipasang di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Regu: Tanda regu merupakan badge yang berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama regu, dan untuk pemasangan badge tanda regu ini dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
  11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang: Terdiri atas tiga tingkatan, dipasang di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda Regu.
Artikel Terkait:   Materi Pramuka Lengkap SD Tingkat Siaga Lengkap dan Mudah Dipelajari

Penjelasan Pemakaian Atribut Pramuka Penggalang

Bentuk dan tata cara pemasangan atribut Pramuka Penggalang sangatlah penting untuk menunjukkan kecakapan dan pengalaman. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

  1. Tanda Tutup Kepala: Lingkaran (putri) dan segi delapan (putra) merah. Putri memasang di topi Pramuka bagian depan, putra di samping kiri kabaret Pramuka.
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM): Warna dasar ungu, dipasang di kerah baju sebelah kanan (putri) dan di dada sebelah kanan di atas papan nama (putra).
  3. Tanda Pelantikan: Warna dasar coklat tua, dipasang di kerah baju sebelah kiri (putri) dan di dada sebelah kiri di bawah lipatan baju (putra).
  4. Papan Nama: Warna dasar coklat muda, dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda Pandu Dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi: Untuk tanda lokasi harus dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas seragam pramukamu.
  6. Tanda Gugus Depan: Dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah tanda Lokasi Kwarcab.
  7. Lencana atau Badge Daerah: Dipasang di lengan baju sebelah kanan, di bawah tanda Gugus Depan.
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang: Terdiri atas tiga tingkatan, dipasang di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah lencana atau badge Daerah. Maksimal 5 buah TKK.
  9. Tanda Jabatan: Dalam hal ini tanda jabatan yang dimaksud yakni Tanda Pratama, Pemimpin Regu, atau Wakil Pemimpin Regu dengan bentuk balok berwarna merah. Dalam pemasangan tanda jabatan, harusnya dipasang di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Regu: Untuk badge tanda regu berbentuk persegi dengan gambar sesuai nama regu, serta pemasangan badge regu penggalang bisa dipasang di lengan baju sebelah kiri paling atas.
  11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang: Terdiri atas tiga tingkatan, dipasang di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda Regu.
Artikel Terkait:   Contoh Surat Undangan Pramuka Word

Nah perlu kamu ketahui, bahwa selain atribut di atas, biasanya seorang Pramuka Penggalang juga dapat memasang tiska (Tanda Ikut Serta Kegiatan), lencana dan tanda Pramuka Garuda, serta tanda penghargaan lainnya pada seragam Pramuka.

Cara Memasang Atribut Pramuka Penggalang

Akhir Kata

Demikianlah tata cara memasang atribut Pramuka Penggalang. Semoga dengan memahami dan mengikuti petunjuk ini, setiap Pramuka dapat menunjukkan identitas, kecakapan, dan pengalaman mereka dengan bangga. Mari jadikan atribut Pramuka sebagai simbol semangat kebersamaan dan kecintaan pada Gerakan Pramuka.